28 October, 2006

Caramel Cake

Caramel Cake ini awalnya Gue gak niat bikinnya abisnya kok kayannya maniss banget. gara2 jeng satu ini kok bolak balik bikin caramel cake mulu yak? akhirnya nyobain juga mumpung punya sisa setengah kaleng susu kental manis dari puding mozaik kemarin.

Texture caramel cake ini mirip dengan Bika/Bikang Ambon. Ada sarang semutnya (texturenya ringan dan berongga) bedanya cuma baunya harum dan pastinya rasa caramel hehehe. Kalau yang demen sama Bika Ambon insyaAllah juga seneng deh sama yang satu ini.
Cumaaa... gara-gara nekad bikinnya pake takaran by feeling (alias gak punya timbangan), Cake bikinan Gw ini kayaknya kebanyakan tepungnya jadinya sarang semutnya gak panjang2 sampe atas hihihi! Yo wis lahh yang penting rasanya.. Gue dah makan empat potong begitu keluar dari oven..Ternyata manisnya pas.. Tapi maaf gak ada review dari Suami atau Addry abisnya masih pada bobok siih hehehe!

Bahan-bahan:

200 gram gula pasir
2 gelas air panas
200 gram tepung terigu
100 gram tepung maizena
8 butir ayam
200 gram mentega/margarine
1/2 kaleng susu kental manis
2 sdt soda kue

Cara membuat:

1. Gula pasir dijadikan karamel dengan cara dipanaskan di wajan sampai meleleh dan berwarna coklat, lalu tambahkan air lalu diaduk dan dinginkan (sisihkan).
Tips: HATI-HATI ketika mencampurkan air ke dalam karamel karena bisa terjadi percikan air panas. Menghindari ini, sebelum mencampur karamel di angkat dulu dari atas kompor, lalu bila bisa campurkan dengan air mendidih perlahan-lahan (agar tidak terjadi perbedaan suhu yang drastis).

2. Kocok mentega/margarine dan susu kental sampai putih, sambil masukkan telur satu persatu.

3. Masukkan tepung terigu yang telah diayak bersama tepung maizena dan soda kue sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

4. Masukkan karamel ke dalam adonan, sambil terus diaduk perlahan lahan hingga rata
Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega.

5. Oven di suhu kurang lebih 160 derajat selama kurang lebih 45-50 menit atau sampai matang*)

(* Gunakan uji tes tusuk untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum dengan menusukkan lidi ke adonan. Pabila permukaan lidi bersih/kering brarti kue sudah matang.

Photobucket - Video and Image Hosting


Light texture cake..

3 comments:

Anonymous said...

One by one, the other delegations see the wisdom of leaving the damaged front-runners behind and turn to Gore, who is nominated by acclamation. [url=http://www.mulberryhandbagssale.co.uk]Mulberry Alexa Bags[/url] Double-entry bookkeeping is a system that ensures both sides of the financial transaction are appropriately recorded to reflect the real changes that have taken place in the financial affairs of the business. [url=http://www.goosecoatsale.ca]canada goose outlet[/url] Lcsmnebsb
[url=http://www.pandorajewelryvip.co.uk]pandora Sale[/url] Djullqkxh [url=http://www.officialcanadagooseparkae.com]canada goose jackets[/url] ofhnresni

abo-bder said...

تركيب كاميرات مراقبة بالرياض
تركيب كاميرات مراقبة بالرياض
فني تركيب ستلايت بالرياض

abo-bder said...

فنى
تركيب كاميرات
تركيب كاميرات