01 June, 2006

Sushi Ala Ami

Berhubung Gw dan suami itu maniak sushi, dan sering kali pengen jajan sushi tapi kalau dine out di sini kan tau sendiri itu berarti pemborosan. hehehe. Akhirnya mau gak mau coba belajar sendiri deh bikin Sushi. Resep ini dibilang Sushi ala Ami karena memang sushinya ini modifikasi banget.. beberapa gak sesuai dengan resep aslinya.. hehehe.. tapi yang penting lumayaaan banget deh buat para penggemar Sushi untuk menikmati sushi bikinan sendiri di rumah. :)

Oke kita mulai ya..

Bahan-Bahan:

1. Nasi yang baru mateng kalau bisa nasinya kalau masak di rice cooker airnya dibanyakin dikit biar lengket gitu. Nahh idealnya sih pake Japanesse Rice! Tapi berhubung lumayan mahal 1 kilonya sekitar $2,5 akhirnya pake nasi biasa aja hehehe.
2. Mayonaise Japan. Tempatnya di botol dari plastik yang sofftt banged! jadi bisa di pencet kayak tube pasta gigi gitu...
3. Soya Sauce! perhatikan ingredientsnya.. karena ada yang pake alkohol. Gw pake merk Kikkoman :)
4. Isi Sushi. Ini bisa macem-macem contohnya: daging kepiting yang Crab Flower itu, telur dadar, allpokat, mentimun, tuna, salmon, ayam, letuce dll... sesuai selera aja ya!
5. 4 lembar Nori Seaweed. Untuk membungkus Sushinya.
6. Bamboo Mat. Untuk menggulung sushinya biar padet. Tapi suwer deh.. gw dah pernah coba gak pake bamboo mat juga bisa kok walaupun harus ekstra hati2... hehehe.
*7. Harusnya ada lagi nih.. tapi gak pernah pake.. biar nendang pake rice vinegar.. sebelum nasinya dibalurin di atas seaweednya dicampur dulu dengan rice vinegar ini... gw gak suka vinegar sih.


Cara Membuat:
1. Taruh Nori Seaweed diatas bamboo mat dengan bagian mengkilat menghadap bawah. Jangan terbalik karena nanti gak nempel kalau di roll.

Photobucket - Video and Image Hosting

2. Taruh nasi dengan merata sesuai foto sisakan sedikit bagian Nori Seaweed untuk menempel.

Photobucket - Video and Image Hosting

3. Taruh mayonaise sesuai selera sepanjang lebar. Lalu tata isi sushi sesuai selera. Tapi jangan kebanyakan.. karena kalau terlalu banyak maka diameter sushi terlalu besar dan susah untuk di roll.

Photobucket - Video and Image Hosting

4. Beri sedikit air pada bagian Nori Seaweed yang disisakan agar menempel ketika di roll lalu Roll sushi dengan hati2 sambil memadatkan nasinya menggunakan bamboo mat. Maaf gak ada fotonya krn tangan sibul nge-roll hehehe.


5. Nahh sushi yang sudah jadi potong bagi dua dengan pisau basah yang tajam agar potongan rapi.

Photobucket - Video and Image Hosting

6. Sajikan dengan hiasan dan Soya Sauce... insyaAllah kenyang loh.. keliatannya aja gak mengenyangkan.. hehehe... makan dua potong aja udah cukup. Tapi kita karena maniak seorang dapet jatah 4 sushi gede! hehehe!

Photobucket - Video and Image Hosting

Selamat mencoba! :)

No comments: