03 November, 2006

Sambal Krecek Istimewa

Awal ketemu krecek serasa nemu harta karun, seneng banget.. cuma tinggal 1 bungkus di Oriental Supermarket isi 250gr krecek dijual $5 (Rp. 35.000). Langsung deh disamber abisnya jarang2 ada juga.
Sumber resep dari Sexy Chef juga, tapi resepnya gak pake santan sementara Gue prefer tetep pake santan.
Aslinya sambal krecek ini buat temen gudeg, tapi Gue bikin buat temen daging serundeng.. pasangan yang klop juga ternyata.
Dan kenapa dibilang istimewa karena Gue tambahin ati ayam dan tahu goreng biar tambah heboh!

Bahan:
1. krupuk krecek secukupnya
2. pete secukupnya (bila suka, gue kebetulan gak pake karena gak ada huhu)
3. 4-5 hati ayam potong dadu (yang sudah digoreng)
4. Dried tofu potong dadu secukupnya
5. 5 btr cabe rawit merah (gue pake yang sudah dikeringkan.. gak punya huhu)
6. 2 lbr daun salam
7. 500 ml atau secukupnya santan

Bumbu haluskan:
1. 6 btr bwg merah
2. 4 btr bwg putih
4. 4 bh cabe merah
5. 1/2 sdk teh terasi
6. 1 cm lengkuas
7. garam-gula secukupnya

Cara membuat:
1. tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan hati ayam, tahu, pete-daun salam dan santan.
2. masukkan cabe rawit utuh masak hingga matang.
3. angkat kemudian masukkan kerupuk kulit yang sudah direndam diair.

Tip sexy Chef:
kadang kerupuk kulit ada yang asin sekali jadi jangan terlalu asin membumbuinya, setelah krupuk kulit dimasukkan baru kita icip lagi apa masih kurang garam atau gula.

Photobucket - Video and Image Hosting


Gak perlu jauh-jauh ke Warung Gudeng buat nikmatin sambel krecek istimewa ;)

No comments: