13 November, 2006

Kue Cream Cheese

Nyobain "Kue Cream Cheese"nya Mbak Vania yang koleksi resep cakenya selalu oke punya. Sebenernya resep ini udah lama banget pengen nyobain. Apalagi semua bahan2nya kepake (maksudnya gak ada sisa putih telur or sebaliknya) begitu ada Philly di kulkas langsung deh nyobain. Teksturenya lembuut.. banget. Buat penggemar cheese cake insyaAllah suka sama kue satu ini.

Recipe:

1. Campur hingga rata 1-1/2 cup crushed marie biscuit (regal), 4 tbsp salted butter, 2 tbsp sugar. Tuang ke loyang pie (8 or 9 inch round), padatkan dgn cara ditekan2. (boleh pake tangan, boleh juga pake belakang sendok). Sisihkan.

2. Kocok (dgn mixer berkecepatan sedang) 250 gram cream cheese* dgn 1/2 cup sugar hingga lembut (~creamy), kemudian tambahkan 4 eggs yolk (masukkan satu persatu). Biarkan hingga tercampur rata. Kemudian masukkan lime juice (from 1 lime) dan 1 tsp vanilli. Terakhir masukkan 1 cup milk. Aduk hingga adonan tercampur rata. ~adonan akan berwujud cair.
Tuangkan di atas lapisan campuran marie biscuit. Panggang dalam oven 180C selama 35-40 menit ~hingga bagian atasnya sedikit kecoklatan. (ketika pake adonan cair ini gue pake water bath (loyang isi air di taruh di rak bawahnya).

3. Kira 25 menit setelah loyang pie dimasukkan oven, kocok white eggs (dari 4 telur) plus 1 tsp sugar higga kaku. Tuang/ratakan di atas campuran cream cheese segera setelah loyang dikeluarkan dari oven. Stelah itu masukkan kembali ke dalam oven 160C selama 10-15 menit ~hingga bagian atas putih telur kecoklatan.
(Pas step ini ada sedikit insiden karena kok putih telurnya pas gue campur gula trus gue mixer gak mau kaku ya? Gak jelas juga kenapa. terpaksa gue pecahin 4 telur lagi buat ambil putih telurnya trus gue mixer dulu sampai kaku baru kemudian gue masukkin gulanya).

4. Biarkan dingin, sebelum disantap. Lebih enak lagi kalo sempet didinginin di kulkas.

Photobucket - Video and Image Hosting


Reasonably Nice!