01 April, 2007

Pepes Ayam Sedap Praktis

Resep aslinya dari Pepes Ayam ala Fitri yang idenya cemerlang banget. Pepes ayam tapi gak di kukus (nah loh?) melainkan di panggang. Haduuh rasanya langsung semangat bikin pas liat resep ini. Karena ternyata Gw juga males banget kalau udah harus ngukus2 gitu. Tapi hasilnya gak kalah loh sama yang di kukus! Sedaap! Makasih bgt ya Fit! Happy berat sama hasilnya.
Resep ini udah Gue modifikasi dikit biar lebih praktis.

Bahan :

500 gr dada ayam, potong kotak bubuhi garam dan jeruk nipis diamkan.
2 sdm margarine untuk menumis
200 ml santan
4 butir telor , kocok lepas
150 gr jamur kancing (atau seru juga pake Jamur abalone kalengan)
2 buah cabe hijau besar iris tipis
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
daun basil atau kemangi sesuai selera (15 lembar)

Bumbu, haluskan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 ruas jari kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk

Garnish:
1 buah Tomat iris tipis
1 cabe hijau ukuran besar iris tipis


Cara Membuat :

Tumis bumbu halus dan cabe hijau sampai harum. Tambahkan ayam, bubuk ketumbar, merica, garam , aduk2 sampai ayam berubah warna.

Tambahkan santan, masak sampai semua bahan matang dan santan menjadi kental.

Di pyrex, campur jadi satu : telor, jamur, daun basil dan tumisan ayam. Aduk rata, aduk di pinggan tahan panas.

Taburi dengan garnish tomat dan cabe hijau.

Panggang dengan oven bersuhu 200C , selama +/- 30 menit atau sampai matang.

Hidangkan!

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket


Syeeedap!